Berikut Cara yang Bisa Dipakai Orang Tua untuk Bantu Anak Beradaptasi Selama PTM

Selasa, 19 Oktober 2021 – 12:13 WIB
Berikut Cara yang Bisa Dipakai Orang Tua untuk Bantu Anak Beradaptasi Selama PTM - JPNN.com Jatim
Ilustrasi PTM terbatas. (Dok.JPNN.com)

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Kebijakan terkait Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas sudah ditetapkan oleh pemerintah pusat. Beberapa sekolah sudah mulai mempersiapkan diri.

Atas dasar tersebut, orang tua siswa diharapkan melatih anak-anak dalam beradaptasi dengan lingkungan karena mereka akan menemui banyak situasi baru dalam beraktivitas nantinya.

Strategic Initiatives Senior Lead Mom Baby & Home Living Category Tokopedia Rizki Widyastuti memberikan beberapa cara yang bisa dilakukan orang tua untuk membantu anaknya beradaptasi, yakni:

Bermain peran

Orang tua bisa melakukan permainan peran. Bermain peran bersama anak sekaligus dengan mainan yang dimiliki bisa membantu proses sosialisasi anak nantinya.

Sebagai contoh, orang tua bisa berperan menjadi guru atau teman bermain seumurannya dan lakukanlah aktivitas yang memungkinkan dirasakan anak-anak saat di sekolah.

Validasi emosi

"Memberikan validasi terhadap emosi apapun yang ditunjukkan oleh anak, akan membuat mereka merasa tidak sendirian," kata Rizki.

Orang tua siswa diharapkan melatih anak-anak dalam beradaptasi dengan lingkungan karena mereka akan menemui banyak situasi baru dalam beraktivitas selama PTM
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News