Kontingen Jatim Dapat Lima Unit Konsentrator Oksigen Tambahan

Senin, 27 September 2021 – 23:30 WIB
Kontingen Jatim Dapat Lima Unit Konsentrator Oksigen Tambahan - JPNN.com Jatim
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa saat mengecek alat kesehatan berupa konsentrator oksigen dari Kemenperin yang bekerja sama dengan AGRI di Gedung Negara Grahadi di Surabaya, Senin (27/09/2021). (ANTARA/Fiqih Arfani)

jatim.jpnn.com, JAWA TIMUR - Pemprov Jawa Timur mengirimkan dukungan berupa alat kesehatan konsentrator oksigen untuk keperluan sewaktu-waktu bagi atlet dan ofisial provinsi setempat yang berlaga pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua.

"Sebelumnya sudah dikirim alat kesehatan ke sana, tetapi ini ada tambahan lima unit lagi," kata Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, Senin (27/9) petang.

Pemprov Jatim sebelumnya menerima sebanyak 150 unit konsentrator oksigen dari Kementerian Perindustrian (Kemenperin) yang bekerja sama dengan Asosiasi Gula Rafinasi Indonesia (AGRI).

Ratusan unit konsentrator oksigen tersebut segera didistribusikan ke beberapa rumah sakit tipe C, terutama RS di daerah yang keterjangkauannya membutuhkan perhatian khusus.

"Misalnya, rumah sakit di daerah kepulauan," ujar mantan Menteri Sosial itu.

Bantuan tersebut diyakininya dapat memberi manfaat besar bagi masyarakat Jatim. Apalagi dengan konsentrator itu bisa langsung memproses oksigen dari udara, sehingga tidak perlu lagi isi ulang tabung.

Direktur Industri Makanan Hasil Laut dan Perikanan Kemenperin RI Supriyadi mengatakan kementeriannya telah menerima 2.400 konsentrator oksigen dari industri, salah satunya sumbangan AGRI.

Konsentrator oksigen tersebut juga diharapkan dapat bermanfaat untuk masyarakat di Jatim. (antara/mcr13/jpnn)

Kontingen Jatim yang berlaga di PON Papua kembali mendapatkan dukungan dari pemprov berupa lima unit konsentrator oksigen.
Sumber Antara