Fasilitasi Wisata Medis Dalam Negeri, Dosen Unair Ciptakan Medicaltourism.id

Senin, 27 September 2021 – 21:55 WIB
Fasilitasi Wisata Medis Dalam Negeri, Dosen Unair Ciptakan Medicaltourism.id - JPNN.com Jatim
dr. Niko Azhari Hidayat, Sp.BTKV. (tengah) menunjukkan platform digital besutannya. Foto: Unair/Nuri Hermawan

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Dosen Universitas Airlangga (Unair) Surabaya dr. Niko Azhari Hidayat membuat layanan digital bernama Medicaltourism.id sebagai upaya memfasilitasi dan mempromosikan pariwisata medis.

Dosen Fakultas Teknologi Maju dan Multidisiplin (FTMM) Unair mengatakan platform digital tersebut akan menggunakan konsep “end to end’’.

"Konsep itu berarti melayani wisatawan medis mulai penjemputan sejak di bandara, kesediaan akomodasi, pengantaran ke fasilitas medis serta trip wisata pemulihan hingga kembali tempat asal," paparnya usai acara peluncuran Medicaltourism.id di Novotel Samator Surabaya pada Senin.

Menurut dr. Niko hadirnya Medicaltourism.id akan memicu warga lebih percaya pada pengobatan dalam negeri.

"Orang Indonesia banyak berobat ke luar negeri, padahal Indonesia memiliki banyak dokter-dokter hebat dan tenaga kesehatan (nakes) lainnya," imbuhnya.

Oleh karena itu, dr. Niko mengajak semua elemen masyarakat sama-sama terlibat dalam memperbaiki sektor ekonomi dan kesehatan.

Meski begitu, dr. Niko mengaku belum menggandeng semua rumah sakit. Hal itu, menurutnya, lebih baik perlahan dahulu dijalankan.

‘’Tetapi yang jelas adalah kita harus bangga dengan produk Indonesia, melalui startup ini, ekonomi Indonesia bisa maju lagi,’’ tandasnya. (unair/mcr17/jpnn)

 
Dosen Universitas Airlangga (Unair) Surabaya dr. Niko Azhari Hidayat membuat layanan digital bernama Medicaltourism.id..
Sumber Koni Jatim