Dosen UB Ajarkan Foto Produk UMKM di Kota Batu

Kamis, 23 September 2021 – 12:45 WIB
Dosen UB Ajarkan Foto Produk UMKM di Kota Batu - JPNN.com Jatim
Dosen Universitas Brawijaya (UB) memberi pelatihan teknik fotografi produk menggunakan HP bagi UMKM di Kota Batu. Foto: prasetya.ub.ac.id

jatim.jpnn.com, BATU - Tampilan visual menjadi unsur terpenting dalam pemasaran daring. Dengan menonjolkan aspek visual produk, konsumen akan semakin tertarik membeli.

Hal itulah yang mendorong akademisi Universitas Brawijaya (UB) melalui kegiatan Doktora mengabdi memberi pelatihan teknik fotografi produk menggunakan ponsel pintar (HP) bagi UMKM di Desa Wisata Bunga Sidomulyo, Kota Batu.

Pelatihan sekaligus pendampingan ini bertujuan mengangkat pemasaran produk unggulan berbasis kearifan lokal, dalam hal ini tanaman hias, batik dan jasa destinasi wisata di Kota Batu.

Narasumber kegiatan tersebut, Rizki Dewantara, Dosen FIA UB sekaligus pengamat digital creator multimedia menjelaskan beberapa tips membuat fotografi produk menggunakan HP.

"Pertama, pentingnya latar polos dan netral yang akan menonjolkan produk sekaligus memberi kesan cerah produk. Warna netral ini seperti putih yang punya kelebihan memberi detail dan kesan cerah," jelas dia.

Lalu, lanjut dia, menggunakan model. Memakai model untuk foto produk menjadi salah satu daya tarik visual.

Hal penting lainnya adalah pencahayaan. Menurut Rizki, pencahayaan menjadi penentu utama bagus tidak hasil foto yang diambil, utamanya ketika menggunakan HP pencahayaan harus cukup.

Selain itu yang perlu diperhatikan lagi adalah kesesuaian tema, pengaturan setting , sudut pandang, dan perbesaran yang menurunkan resolusi foto.

Dosen Universitas Brawijaya (UB) memberi pelatihan teknik fotografi produk menggunakan HP bagi UMKM di Kota Batu.
Sumber Antara