Terapkan Kebijakan Satu Data, Pemkot Mojokerto Raih Penghargaan dari BPS

Kamis, 23 September 2021 – 10:40 WIB
Terapkan Kebijakan Satu Data, Pemkot Mojokerto Raih Penghargaan dari BPS - JPNN.com Jatim
Pemerintah Kota Mojokerto berhasil meraih penghargaan terbaik kedua dalam Implementasi satu data Indonesia. (Antara Jatim/Pemkot Mojokerto/IS)

jatim.jpnn.com, MOJOKERTO - Pemerintah Kota Mojokerto meraih penghargaan terbaik kedua atas capaian telah mengimplementasikan kebijakan satu data Indonesia.

Seperti diketahui, Satu Data Indonesia adalah kebijakan tata kelola data pemerintah Indonesia sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia (Perpres SDI).

Penyerahan penghargaan diberikan langsung oleh Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Jawa Timur Dadang Hardiwan kepada Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari di Ruang Sabha Pambojana, Gedhong Hageng.

Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari mengatakan pihaknya terus meningkatkan efisiensi dalam menerapkan program satu data. Menurut Ika, hal itu tak lepas dari peran BPS Mojokerto.

"Dalam pelaksanaannya, pemkot terus bersinergi dan berkolaborasi dengan BPS Kota Mojokerto BPS Kota Mojokerto dalam melaksanakan program dan kebijakan pemerintah satu data ini," jelas Ika, Selasa (21/9).

Pemkot Mojokerto merumuskan kebijakan satu data tersebut ke dalam Peraturan Wali Kota (Perwali) dan menciptakan forum satu data pada Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo).

Terkait penghargaan itu, Kepala BPS Provinsi Jawa Timur Dadang Hardiwan mengatakan Pemkot Mojokerto bisa menjadi contoh untuk daerah Jatim lainnya dalam melaksanakan program satu data.

"Pemkot Mojokerto merupakan salah satu pemerintah daerah di Jawa Timur yang telah menerapkan Satu Data Indonesia. Ini bisa menjadi contoh yang baik untuk daerah lainnya," tukas Dadang. (antara/mcr17/jpnn)

Pemerintah Kota Mojokerto meraih penghargaan terbaik kedua atas capaian telah mengimplementasikan kebijakan satu data Indonesia.
Sumber Antara