Tingkatkan Desain Kemasan Produk UMKM Probolinggo, DKUPP Sediakan Mobil Keliling Konsultasi Gratis

Kamis, 23 September 2021 – 09:26 WIB
Tingkatkan Desain Kemasan Produk UMKM Probolinggo, DKUPP Sediakan Mobil Keliling Konsultasi Gratis - JPNN.com Jatim
Suasana pemberian fasilitasi dan konsultasi UMKM dalam mobil pelayanan keliling di halaman DKUPP Kota Probolinggo, Rabu (22/9/2021) (ANTARA/HO-Diskominfo Kota Probolinggo)

jatim.jpnn.com, PROBOLINGGO - Pemerintah Kota Probolinggo menyediakan mobil keliling sebagai tempat konsultasi gratis bagi UMKM, terutama terkait desain dan material kemasan produk para pelaku usaha tersebut.

Fasilitas yang dinisiasi oleh Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perindustrian dan Perdagangan (DKUPP) Kota Probolinggo dan UPTI Makanan Minuman dan Kemasan Disperindag Jawa Timur tersebut akan membantu para pelaku UMKM meningkatkan kemasan produk mereka.

"Keinginan kami UMKM di Kota Probolinggo tidak hanya produknya yang bagus, tetapi juga bagus kemasannya," kata Kepala DKUPP Kota Probolinggo Fitriawati di Probolinggo, Rabu.

Fitriawati menjelaskan para pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) atau UMKM harus melek desain kemasan. Hal itu berguna dalam meningkatkan daya saing di pasar regional maupun di luar kota.

"Layanan yang diberikan mobil keliling ini bisa konsultasi atau UMKM bisa langsung meminta bantuan desain yang bagaimana untuk produknya. Harapannya produk-produk UMKM di Kota Probolinggo tampak cantik supaya bisa disukai dan bersaing di luar kota," jelasnya.

Selain itu, konsultasi bisa berkutat pada material kemasan. Kemasan produk makanan jajan akan berbeda dengan produk minuman seperti kopi.

Menurut Fitriawati, mobil konsultasi kemasan tersebut adalah kegiatan setiap tahun. Pada hari Rabu (22/9) mobil beroperasi di halaman DKUPP Kota Probolinggo.

"Tercatat sudah ada sekitar 15 sampai 20 UMKM yang sudah berkonsultasi. Mayoritas dari mereka produknya adalah makanan dan kerajinan," tuturnya. (antara/mcr17/jpnn)

Pemerintah Kota Probolinggo melalui DKUPP menyediakan mobil keliling sebagai tempat konsultasi gratis bagi UMKM, terutama terkait desain dan material kemasan..
Sumber Antara