Terpapar COVID-19, Pekerja Migran asal Pamekasan Lahirkan Anaknya di RSLI

Selasa, 21 September 2021 – 20:26 WIB
Terpapar COVID-19, Pekerja Migran asal Pamekasan Lahirkan Anaknya di RSLI - JPNN.com Jatim
Tim dokter RSLI Surabaya saat membantu persalinan bayi dari seorang pasien COVID-19 (ANTARA Jatim/HO-RSLI/hn)

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Pasien positif COVID-19 asal Pamekasan, Madura di Rumah Sakit Lapangan Indrapura (RSLI) Surabaya melahirkan bayi dengan persalinan normal.

Dokter umum RSLI dr. Muhammad Ainur Rohman Firmansyah mengungkapkan ibu bayi tersebut berinisial SU dan merupakan pekerja migran Indonesia (PMI).

"Kami bantu persalinannya tadi malam," kata dokter Ainur Rohman, Selasa (21/9).

Sebenarnya perempuan 37 tahun itu berniat pulang dari tempat kerjanya di Malaysia ke Tanah Air agar bisa melahirkan ditemani keluarganya di kampung halaman.

Namun, sesuai prosedur kepulangan pekerja migran Jawa Timur, setibanya di Bandara Internasional Juanda, Surabaya, mereka harus melalui proses karantina di Rumah Sakit Umum (RSU) Haji terlebih dahulu dan menjalani tes usap PCR.

Walhasil, SU terkonfirmasi positif COVID-19 dan delapan hari terakhir, dia dirujuk menjalani isolasi di RSLI Surabaya.

Usia kandungan SU sebenarnya masih sekitar delapan bulan. Namun, pada Senin (20/9) malam sekitar pukul 20.00 WIB, kantung ketubannya pecah dan kepala bayinya terlihat keluar.

Tim dokter RSLI Surabaya pun membantu persalinan hingga melahirkan bayi normal seberat 2,5 kilogram dengan panjang 48 cm.

Bayi laki-laki yang merupakan anak kedua SU itu diberi nama Asroful Anam dan telah dites usap PCR. Tim dokter RSLI masih menunggu hasilnya.

Pekerja migran asal Pamekasan yang terpapar COVID-19 berhasil melahirkan anak keduanya dengan selamat di RSLI Surabaya.
Sumber Antara