Setelah Dipanggil ke Istana, Suroto Terima 20 Ton Jagung dari Jokowi

Senin, 20 September 2021 – 20:20 WIB
Setelah Dipanggil ke Istana, Suroto Terima 20 Ton Jagung dari Jokowi - JPNN.com Jatim
Pemberian bantuan jagung untuk bahan pakan ternak ayam dari Presiden Joko Widodo untuk peternak ayam di Blitar, Jawa Timur, Senin (20/9/2021). ANTARA Jatim/ HO-Humas Polres Blitar Kota

jatim.jpnn.com, BLITAR - Suroto, peternak ayam asal Kabupaten Blitar sempat viral karena aksinya membentangkan poster berisi keluhan soal mahalnya jagung dan murahnya telur ke arah Presiden Jokowi di Blitar, awal September 2021 lalu.

Aksi tersebut membuat Suroto harus ditangkap oleh polisi. Meski kemudian dibebaskan dan akhirnya oleh Jokowi, dia diundang ke istana.

Karena aksinya itu juga, Suroto lalu diberikan bantuan sebanyak 20 ton jagung pipil kering. Bantuan sebanyak dua truk tersebut tiba di kediaman Suroto di Desa Suruhwadang, Kecamatan Kademangan, Kabupaten Blitar, Senin.

"Jagung ini berkualitas bagus, standar internasional. Ini akan sangat baik buat ternak nanti," kata Suroto.

Dia mengucapkan terima kasih kepada Jokowi. Menurutnya, Jokowi merespon keluhannya dengan cepat.

Suroto mengaku sebagian jagung-jagung tersebut akan dibagikan kepada tetangga dan peternak kecil di sekitarnya.

"Saya akan bagikan ke tetangga. Bantuan ini sangat banya, jadi saya ambil secukupnya saja," ujar dia.

Suroto menambahkan peternak ayam di Blitar sangat terdampak pandemi. Sebelum pandemi dia bisa menghasilkan sekitar 8 ribu ekor ayam petelur, dan kini hanya sekitar 4 ribu ekor ayam.

"Harapannya, ayam yang dihasilkan nanti makin bertambah. Selain itu, harga telur juga bisa turun ke Rp4.500 per kilogram. sekarang masih Rp6 ribu per kilogram," tandasnya. (antara/mcr17/jpnn)

 
Suroto lalu diberikan bantuan sebanyak 20 ton jagung pipil kering. Bantuan sebanyak dua truk tersebut tiba di kediaman Suroto di Desa Suruhwadang, Blitar..
Sumber Antara