Jaringan Telkomsel Alami Gangguan di Jawa Timur, Ini Sebabnya

Senin, 20 September 2021 – 15:20 WIB
Jaringan Telkomsel Alami Gangguan di Jawa Timur, Ini Sebabnya - JPNN.com Jatim
Ilustrasi internet IndiHome- Jaringan internet di Jawa Timur sejak Minggu (19/9) kemarin, mengalami gangguan. Terutama bagi pengguna yang memakai provider Telkomsel dan layanan Indihome. (ANTARA/HO/21)

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Jaringan internet di Indonesia sejak Minggu (19/9) kemarin, mengalami gangguan. Terutama bagi pengguna yang memakai provider Telkomsel dan layanan Indihome.

Wakil Direktur Komunikasi Perusahaan Telkom, Pujo Pramono, Senin, mengatakan gangguan atau kendala tersebut disebabakan adanya masalah pada kabel laut.

"Gangguan kabel ini terjadi pada kabel di laut Jawa, Sumatera dan Kalimantan (JaSuKa) di ruas Batam-Pontianak. Titiknya, 1,5 kilometer dari pantai Batam dan di kedalaman 20 meter," jelasnya.

Diketahui beberapa daerah yang mengeluhkan gangguan tersebut antara lain Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara, Pulau Natuna, Kalimantan, Sulawesi dan Papua. Trouble terjadi hingga Minggu (19/9) jelang malam pukul 17.33.

"Terkait itu setelah diktehaui titik kerusakan kami segera lakukan perbaikan. Kami coba rerouting trafik, penambahan kapasitas beberapa link dan mengoptimalkan gerbang internasional. Ini agar layanan segera kembali normal," tutur Pujo.

Sementara itu, Wakil Direktur Komunikasi Perusahaan Telkomsel, Denny Abidin, menyampaikan permohonan maaf atas kendala terebut.

"Atas ketidaknyamanannya kami memohon maaf. Kami akan segara menginformasikan proses pemulihan layanan tersebut secara berkala," jelas Denny. (antara/mcr17/jpnn)

Jaringan internet di Jawa Timur sejak Minggu (19/9) kemarin, mengalami gangguan. Terutama bagi pengguna yang memakai provider Telkomsel dan layanan Indihome.
Sumber Antara