Jabatan Lowong Wagub Tulungagung Bakal Terisi Sebelum Maret 2022

Jumat, 06 Agustus 2021 – 08:57 WIB
Jabatan Lowong Wagub Tulungagung Bakal Terisi Sebelum Maret 2022 - JPNN.com Jatim
Bupati Tulungagung, Maryoto Birowo saksikan kedua calon Wakil Bupati, Panhis Yodhi Wirawan (pakai peci) dan Gatut Sunu Wibowo menandatangani kesepakatan. (Antara/HO)

jatim.jpnn.com, TULUNGAGUNG - PDIP dan Partai Nasdem resmi mendaftarkan masing-masing satu calon untuk memperebutkan kursi wakil bupati Tulungagung, Jawa Timur sisa masa bakti 2018-2023.

"Saya senang, akhirnya parpol pengusung mengusulkan calon untuk mendampingi saya memimpin hingga 2023," kata Bupati Tulungagung Maryoto Bhirowo, Rabu (5/8).

Pengajuan kandidat itu ditandai dengan penandatanganan kesepakatan perwakilan DPC PDIP dan Nasdem setempat di Pendopo Kongas Arum Kusumaning Bongso, Tulungagung yang disaksikan langsung oleh Bupati Maryoto.

Kedua kandidat turut meneken kesepakatan tersebut. PDIP sebelumnya mengusung Gatut Sunu Wibowo, pengusaha dari Kecamatan Bandung. Sedang Nasdem mengajukan Panhis Yodhi Wirawan, yang berprofesi sebagai notaris.

Proses selanjutnya berdasarkan UU Nomor 10 Tahun 2016 ialah berkas penandatanganan tersebut dikirim ke DPRD Tulungagung untuk diagendakan dalam rapat paripurna.

Ketua DPRD Tulungagung Marsono menyampaikan proses selanjutnya bakal dirapatkan pimpinan DPRD dengan mengundang seluruh pimpinan fraksi. Agendanya, membentuk panitia pemilihan (panlih).

"Berikutnya, panitia itu menentukan tata tertib (tatib) pemilihan," ujar Marsono.

Dia menargetkan pembentukan panitia pemilihan paling lambat seminggu ke depan sekaligus pembuatan tatib.

Sumber Antara