Seluruh Warga ODGJ di Banyuwangi Ditargetkan Tervaksinasi COVID-19

Selasa, 03 Agustus 2021 – 14:50 WIB
Seluruh Warga ODGJ di Banyuwangi Ditargetkan Tervaksinasi COVID-19 - JPNN.com Jatim
Vaksinasi ODGJ di Banyuwangi (Antarajatim/HO-humas/Novi)

jatim.jpnn.com, BANYUWANGI - Salah satu kelompok masyarakat yang turut menjadi sasaran vaksinasi COVID-19 Pemkab Banyuwangi, Jawa Timur ialah orang dengan gangguan jiwa (ODGJ).

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Banyuwangi, dr. Widji Lestariono memaparkan vaksinasi bagi ODGJ sedianya sudah dimulai sejak Mei 2021 dan dilaksanakan di 45 puskesmas wilayah tersebut.

Masing-masing puskesmas sebelumnya wajib mendata, barulah kemudian menyuntikkan vaksin terhadap warga ODGJ yang berada di wilayah kerjanya.

"ODGJ yang berusia di atas 18 tahun wajib diberi vaksin. Teknisnya sama, yakni melalui tahapan skrining hingga observasi setelah vaksinasi," kata Rio, Selasa (3/8).

Petugas tak hanya menyasar ODGJ yang mengalami gangguan psikotik seperti skizofrenia, tetapi semua jenis gangguan jiwa.

Kegiatan vaksinasi COVID-19 tersebut salah satunya dilakukan terhadap pasien di Panti Rehabilitasi Sosial Bina Laras, Kecamatan Licin.

Tim vaksinasi dari puskesmas memberikan vaksinasi tahap pertama kepada 24 orang yang tengah menjalani perawatan di sana.

Kepala Puskesmas Licin, dr. Nira Ista Dewi mengungkapkan total pasien yang ada di panti sebanyak 60 orang, 36 orang telah tervaksinasi dosis pertama pada Mei lalu.

Sumber Antara