Siap-Siap 12 Ribu Sukarelawan Geruduk Tiap RT se-Kota Malang

Jumat, 30 Juli 2021 – 17:22 WIB
Siap-Siap 12 Ribu Sukarelawan Geruduk Tiap RT se-Kota Malang - JPNN.com Jatim
Arsip Foto. Seorang relawan membantu warga mengambil bantuan sembako yang disediakan di Lumbung Sedekah Pangan di Purwantoro, Kota Malang, Jawa Timur. (ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto/pras)

jatim.jpnn.com, MALANG - Pemkot Malang berencana mengerahkan 12 ribu sukarelawan untuk mendukung upaya penanggulangan COVID-19 di wilayahnya.

"Kami sudah berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan. Kota Malang nantinya akan ada sekitar 12 ribu orang sukarelawan," kata Wali Kota Malang Sutiaji, Kamis (29/7).

Ribuan sukarelawan itu akan ditugaskan untuk membantu penanggulangan COVID-19 di tingkat lingkungan rukun tetangga (RT).

"Setiap RT, akan ada tiga orang sukarelawan. Mereka bertugas untuk mendata, menilai, dan memantau mobilitas masyarakat, termasuk juga menyoroti kebutuhan kesehatan masyarakat setempat," ujar dia.

Para sukarelawan tersebut pun diharapkan membantu mengedukasi warga mengenai upaya pencegahan dan penanggulangan COVID-19.

Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), terdapat 4.226 lingkungan RT yang tersebar di 57 kelurahan di lima kecamatan di wilayah Kota Malang.

Pemerintah Kota Malang masih melaksanakan PPKM skala mikro untuk mengendalikan penularan COVID-19.

Menurut data pemerintah, jumlah akumulatif warga yang terserang COVID-19 di Kota Malang sebanyak 10.609 orang. Rinciannya, 6.826 orang sembuh, 761 meninggal dunia, dan sisanya masih menjalani perawatan atau isolasi mandiri. (antara/mcr13/jpnn)

Tiap RT di Kota Malang bakal ada sukarelawan yang diterjunkan pemkot setempat. Tugas mereka ...
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News