UM Malang Punya Ide Kreatif Bikin Masker Khusus Tuna Rungu

Selasa, 27 Juli 2021 – 23:37 WIB
UM Malang Punya Ide Kreatif Bikin Masker Khusus Tuna Rungu - JPNN.com Jatim
Illustrasi: Masker khusus bagi tuna rungu yang terbuat dari limbah sedotan dan empat mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) yang membuat masker tersebut. (ANTARA/HO-UMM/END)

jatim.jpnn.com, MALANG - Empat mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) membuat masker khusus bagi para tuna rungu yang berbahan dasar limbah sedotan.

Salah satu penggagas masker tuna rungu Habibah Alifatus Syaidah mengatakan pemilihan bahan dasar limbah sedotan ini bertujuan mengurangi sampah plastik.

“Limbah sedotan ini sebagai bahan dasar strap masker (pengait masker)," ujar Habibah, Senin (26/7).

Dia mengaku penggunaan masker di setiap aktivitas menjadi sebuah keharusan dalam situasi pandemi seperti saat ini untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Namun, penggunaan masker ini menyulitkan para disabilitas tuna rungu dalam berkomunikasi.

Melihat permasalahan tersebut, Habibah bersama tiga mahasiswa lainnya dari lintas program studi di Universitas Muhammadiyah Malang itu akhirnya membuat inovasi masker transparan sebagai solusinya.

Lebih lanjut, Habibah mengatakan selain menggunakan bahan limbah sedotan, masker kain tembus pandang yang mereka buat itu terdiri dari dua lapis masker.

Lapis luar pertama berisikan filter penyaring, yang diharuskan untuk diganti tiga hari sekali.

Empat mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) membuat masker khusus bagi para tuna rungu yang berbahan dasar limbah sedotan.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News