Berikut Kiat Produktif Menulis Jurnal Ala Civitas Akademica Untag

Minggu, 11 Juli 2021 – 23:00 WIB
Berikut Kiat Produktif Menulis Jurnal Ala Civitas Akademica Untag - JPNN.com Jatim
Webinar kiat penulisan jurnal yang digelar Prodi Doktor Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya, Sabtu (10/7/2021). (ANTARA Jatim/HO-Humas DSI Untag/WI)

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Prodi Doktoral Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya, Jawa Timur membeberkan kiat menulis jurnal untuk para akademisi.

Pemaparan materi tersebut disampaikan melalui Webinar Kolokium "Academic Writing Tools dan Research Gap & Novelty: Bibliometric VOSviewer", Sabtu (10/7).

Salah satu narasumber Andi Indrawati dari Untag Samarinda memaparkan pentingnya VOSviewer yang bisa digunakan untuk memvisualisasikan bibliografi atau data set terisi field bibliografi, di antaranya, judul, pengarang, penulis, dan jurnal.

"Dalam dunia penelitian, VOSviewer digunakan menganalisa bibliometrik, mencari topik yang memungkinkan masih ada peluang untuk diteliti," kata Indrawati, Minggu (11/7).

VOSviewer juga untuk mencari referensi, baik yang sudah atau belum digunakan dengan cara mapping artikel.

Pemateri lain terkait dengan Academic Writing Tools, Supangat menyampaikan ada beberapa tools yang sangat bermanfaat dalam dunia penulisan karya ilmiah.

"Tools berbasis website seperti Jurnal Guide itu akan memudahkan menemukan jurnal yang berkaitan dengan objek penelitian," ujar Supangat.

Dia menjelaskan tools lain, Quillbolt yang sangat membantu dalam melakukan parafrase penulisan ilmiah.

Ada sejumlah kiat menulis jurnal maupun karya ilmiah untuk para akademisi yang dibeberkan oleh civitas akademica Untag, simak!
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News