Jelang Iduladha 2021, Begini Antisipasi Disnak Jatim Terhadap Ternak Tertular Antraks

Kamis, 24 Juni 2021 – 19:18 WIB
Jelang Iduladha 2021, Begini Antisipasi Disnak Jatim Terhadap Ternak Tertular Antraks - JPNN.com Jatim
Ilustrasi - Disnak Jatim melakukan sejumlah upaya pencegahan beredarnya hewan ternak terpapar antraks jelang Iduladha 2021. Foto: ANTARA/Eka AR

jatim.jpnn.com, JAWA TIMUR - Pemprov Jawa Timur mulai meningkatkan kewaspadaan penyakit antraks yang menyerang ternak menjelang Hari Raya Iduladha 2021.

Kabid Kesehatan Hewan Dinas Peternakan (Disnak) Jawa Timur Diana Devi telah menerbitkan edaran untuk kabupaten/kota, terutama Tulungagung yang sebelumnya terdapat temuan hewan ternak terpapar antraks.

"Sebelum dijual, hewan ternak harus diperiksa terlebih dahulu kesehatannya. Daerah yang pernah tertular antraks harus ada suratnya," kata Devi, Rabu (23/6).

Dia menjelaskan khusus hewan ternak dari Tulungagung harus melewati skrining. Terutama di beberapa desa Kecamatan Pagerwojo yang sudah ditetapkan Disnak Jatim sebagai zona merah antraks.

Selain itu, zona kuning juga disematkan untuk kawasan yang berbatasan, seperti salah satu desa di Trenggalek.

"Tetangganya zona kuning, ada satu desa di Trenggalek," ujar dia.

Devi menerangkan pascatemuan antraks, vaksinasi terhadap hewan ternak di Tulungagung dan sekitarnya langsung dilaksanakan.

Disnak Tulungagung pun akan terus memantau secara acak terhadap penjual hewan kurban di Jatim.

Berita ini sudah tayang di JPNN.com dengan judul: Peternak dan Penjual Hewan Kurban Simak Baik-baik Pengumuman Disnak Jatim Ini

Sumber JPNN.com