Corona Varian Delta Muncul di Jatim Via Transmisi Lokal

Selasa, 22 Juni 2021 – 17:35 WIB
Corona Varian Delta Muncul di Jatim Via Transmisi Lokal - JPNN.com Jatim
Penularan corona varian Delta di Jawa Timur ternyata melalui transmisi lokal. Grafis: Rahayuning Putri Utami/JPNN.com

jatim.jpnn.com, JAWA TIMUR - Kepala Dinas Kesehatan Jawa Timur Herlin Ferliana mengimbau masyarakat untuk mewaspadai penularan virus corona varian Delta atau strain India yang telah muncul di Jawa Timur.

Herlin menemukan ternyata varian baru corona tersebut menyebar tidak dari pekerja migran Indonesia (PMI), melainkan transmisi lokal.

"Itu harus menjadi perhatian bersama sebab pasien varian baru justru terkena melalui transmisi lokal, bukan dari PMI," kata Herlin, Selasa (22/6).

Untuk itu, dia meminta masyarakat untuk tetap disiplin menjalani protokol kesehatan (prokes) pencegahan penularan COVID-19.

Herlin menerangkan terungkapnya fakta bahwa varian baru berasal dari transmisi lokal karena rata-rata pasiennya tidak pernah memiliki riwayat ke luar negeri.

Sehingga besar kemungkinan yang bersangkutan terinfeksi dari wilayah lingkungan sekitarnya dan menjadi transmisi lokal.

Dia pun menegaskan varian Delta memiliki spesifikasi yang berbeda dari varian sebelumnya karena penyebarannya lebih cepat.

"Kalau varian Wuhan kemarin tidak seagresif virus India itu. Sehingga bisa menyebar lebih cepat, dan angka positif juga cepat naik," tutur Herlin.

Kepala Dinas Kesehatan Jawa Timur Herlin Ferliana menemukan ternyata varian baru corona tersebut menyebar melalui transmisi lokal.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News