RS Unair Mulai 'Puyeng' Menangani Lonjakan Pasien Covid-19 Usai Libur Lebaran

Jumat, 18 Juni 2021 – 06:05 WIB
RS Unair Mulai 'Puyeng' Menangani Lonjakan Pasien Covid-19 Usai Libur Lebaran - JPNN.com Jatim
RS Unair Surabaya mulai kewalahan menerima pasien Covid-19. Foto: ngopibareng/jpnn

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Rumah Sakit Universitas Airlangga (RS Unair) Surabaya mulai kewalahan menangani pasien Covid-19 di ruang ICU yang terus berdatangan hingga menyebabkan antrean di IGD.

"Sudah terisi 74. Jadi, hampir 100 persen," ujar Kepala Instalasi Humas dan PKRS RS Unair dr Brihastami Sawitri di Surabaya, Jawa Timur, Kamis (17/6).

Hastami menyebut kedatangan pasien Covid-19 di RS Unair yang terus meningkat kurang dibarengi dengan ketersediaan kamar yang memadai, sehingga banyak yang mengantre di IGD.

"Kapasitas IGD kami 12 dan itu penuh. Jadi, ada 12 orang yang antre masuk ke ruang inap," kata dia.

Hastami mengatakan pasien Covid-19 yang memenuhi RS Unair itu tak cuma dari Surabaya saja, tetapi juga berasal dari Bangkalan, Madura.

"Dari 14 orang di ICU, sembilan pasien asli Bangkalan. Kami tidak membeda-bedakan ya. Semua pasien sama dan kami rawat dengan baik," ujar dia.

Hastami mengimbau masyarakat disiplin menjaga protokol kesehatan untuk mencegah penularan.

"Sejak sebelum lebaran, akhir-akhir ini yang paling sering penuh. Dimulai sekitar satu minggu terakhir," kata Brihastami. (mcr6/mcr12/jpnn)

RS Uniar mulai kewalahan menangani lonjakan pasien Covid-19, khsusunya yang berasal dari Madura.

Redaktur & Reporter : Angga Setiawan

Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News