Roman Surabaya Berhias Tabebuya

Minggu, 16 Mei 2021 – 17:33 WIB
Roman Surabaya Berhias Tabebuya - JPNN.com Jatim
Bunga tabebuya yang mirip sakura asal Jepang bermekaran di sepanjang Jalan Ahmad Yani Kota Surabaya, Sabtu (15/5). Foto: Antara/HO-Humas Pemkot Surabaya

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Momen berlebaran di Surabaya tak kalah mempesona. Sepanjang sisi jalan protokol, tabebuya bermekaran menghiasi wajah Kota Pahlawan.

Barisan bunga kuning seolah menjadi pelipur rindu kendati tidak bisa kembali ke kampung halaman lantaran pandemi Covid-19.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau (DKRTH) Surabaya Anna Fajriatin mengatakan bunga tabebuya biasanya mekar pada saat cuaca panas, termasuk pada masa Lebaran ini.

"Uniknya, yang mekar kali ini rata-rata bunga tabebuya berwarna kuning," kata Anna, Sabtu (15/5).

Menurut dia, tabebuya saat ini juga menjadi salah satu ikon Surabaya. Tanaman yang mirip bunganya mirip sakura itu bisa dijumpai di berbagai titik, terutama di pinggir jalan protokol.

Anna mengungkapkan dinasnya telah membagi rayon untuk melakukan penanaman tabebuya.

"Hampir semua jalanan Surabaya sudah ada tabebuya," ujarnya.

Penanaman tumbuhan asal Brazil itu sudah dilakukan sejak beberapa tahun lalu dan terus diperbanyak setiap periodenya.

Pada 2020, total tabebuya yang ditanam lebih dari seribu batang. Kemudian hingga Mei 2021, ditambah lebih dari 500 batang.

Jalanan Surabaya berhias tabebuya kuning yang bermekaran pada momen Lebaran 2021
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News