alexa

Sendang Kamal, Kolam Air Peninggalan Kerajaan Medang Kamulan yang Mulai Hidup Kembali

Minggu, 16 Mei 2021 – 15:09 WIB
 Sendang Kamal, Kolam Air Peninggalan Kerajaan Medang Kamulan yang Mulai Hidup Kembali - JPNN.com Jatim
Sejumlah wisatawan mengunjungi Cagar budaya Situs Prasasti Sendang Kamal di Dukuh Sumber, Kraton, Maospati Magetan yang juga peninggalan era Medang Kamulan mulai direvitalisasi. Foto: Antara/HO-Diskominfo Magetan/ Lr

jatim.jpnn.com, MAGETAN - Cagar budaya Situs Prasasti Sendang Kamal di Dukuh Sumber, Kraton, Maospati Magetan mulai direvitalisasi.

Pemkab Magetan menilai potensi wisata sejarah peninggalan Kerajaan Medang Kamulan atau juga dikenal Mataram Kuno Jawa Timur tersebut sangat besar.

Lurah Kraton Ari Budi mengatakan pemerintah setempat telah melakukan berbagai upaya perbaikan, dimulai dari pembuatan pagar untuk melindungi area sendang pada 2019 dan pembersihan di tahun lalu.

"Warga sekitar pun berinisiatif membersihkan tempat pemandian di area situs dan menebar bibit ikan sehingga sekarang dapat dinikmati oleh pengunjung," ujar Ari Budi, Sabtu (15/5).

Dia menceritakan awalnya area sendang dikenal angker oleh warga sekitar, namun seiring adanya upaya pemugaran, tempat bersejarah itu menjadi banyak diminati.

Pengunjung biasanya datang untuk mencari tempat foto bernuansa "heritage", berkumpul dengan keluarga atau teman, serta menikmati ikan warna warni di kolam bersejarah.

"Banyak pesepeda mampir ke Sendang Kamal, bahkan belakangan banyak wisatawan yang naik kereta mini dari luar Kraton dan berkunjung," katanya.

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Magetan diketahui sudah menyiapkan rancangan menjadikan situs tersebut sebagai alternatif wisata di Magetan wilayah timur.

Sumber Antara