Tinggal Menghitung Hari, Ketua DPD Demokrat Jatim Akan Terpilih

Sabtu, 29 Januari 2022 – 17:49 WIB
Tinggal Menghitung Hari, Ketua DPD Demokrat Jatim Akan Terpilih - JPNN.com Jatim
Anggota Komisi C DPRD Jatim Fraksi Demokrat Dr Kuswanto. Foto: Dok. Pribadi Kuswanto

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Anggota Komisi C DPRD Jatim Fraksi Demokrat, Dr Kuswanto mengatakan terpilihnya ketua definitif di DPD PD Jatim membutuhkan penantian panjang.

Dia menjelaskan itu dimulai dengan mantan Gubernur Jatim Soekarwo yang terpaksa meninggalkan tugas sebagai Ketua DPD Demokrat Jatim pada 2020.

Mantan gubernur yang akrab disapa Pakde Karwo tersebut ditugasi menjadi Komisaris Utama Semen Indonesia dan dilanjut sebagai Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres).

“Pemilihan ketua DPD definitif merupakan penantian yang cukup lama,” kata Kuswanto tertulis, Sabtu (29/1).

Kuswanto bersyukur musda yang berlangsung beberapa waktu lalu itu telah memilih calon ketua DPD. Meski merupakan kegiatan rutin lima tahunan, menurutnya agenda itu rentan terjadi konflik dan perpecahan.

"Kami berharap proses tersebut diselesaikan di internal partai, tidak melibatkan tokoh masyarakat, apalagi akademisi," ujar dia. 

Kuswanto memahami terpilihnya calon Ketua Demokrat Jatim berdasarkan analisis dan kajian yang ditunjang dengan data akurat. 

"Bukan hanya berpendapat secara subjektif, apalagi tokoh masyarakat. Tepat atau tidaknya pilihan, kader yang paham, utamanya pemegang kedaulatan, yaitu DPC," jelasnya. 

Pemilihan Ketua DPD Demokrat Jatim tinggal menghitung hari. Dua calon akan menjalani fit and proper test.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News