Wisatawan yang Berkunjung ke Alun-Alun Surabaya Wajib Daftar Online

Selasa, 18 Januari 2022 – 03:38 WIB
Wisatawan yang Berkunjung ke Alun-Alun Surabaya Wajib Daftar Online - JPNN.com Jatim
Suasana area basment Alun-Alun Surabaya. (Foto: Ardini Pramitha/JPNN.com)

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Masyarakat yang hendak berwisata ke Alun Alun Surabaya diwajibkan mendaftarkan diri terlebih dahulu melalui formulir digital di situs tiketwisata.surabaya.go.id. 

Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga serta Pariwisata (DKKORP) Surabaya, Wiwiek Widayati mengatakan aturan tersebut berlaku sejak Kamis (13/1) lalu. 

"Tujuan diberlakukannya aturan tersebut untuk mengendalikan arus wisatawan yang berkunjung di dalam maupun luar area Alun-Alun Surabaya," jelasnya, Senin (17/1).

Wiwiek menjelaskan setelah mengisi formulir secara digital, pengunjung bisa mengunduh atau melakukan screenshot sebagai tanda bukti telah melakukan pendaftaran. 

"Selanjutnya, tanda bukti pendaftaran itu ditunjukkan kepada petugas sebelum masuk ke dalam area galeri Alun-Alun Surabaya," bebernya.

Wiwiek juga menerangkan jadwal buka Alun Alun Surabaya dimulai dari pukul 09.00 WIB hingga 20.00 WIB. Sekali kunjungan, DKKORP Kota Surabaya membatasi maksimal 100 orang dalam waktu 30 menit. 

"Setelah itu, petugas akan mengarahkan para wisatawan yang ada di dalam area alun–alun untuk keluar," terangnya.

Setelah semua keluar, area galeri disterilkan selama 10 menit menggunakan desinfektan.

Pemkot Surabaya mewajibkan pengunjung melakukan registrasi online dahulu sebelum berkunjung ke basement Alun-Alun Surabaya