Angin Kencang Rusak Puluhan Rumah di Jember, Listrik Padam Semalaman

Senin, 17 Januari 2022 – 07:44 WIB
Angin Kencang Rusak Puluhan Rumah di Jember, Listrik Padam Semalaman - JPNN.com Jatim
Sebuah rumah rusak akibat diterjang angin kencang yang disertai hujan deras di Kabupaten Jember, Minggu (16/1/2022) sore. (ANTARA/HO-BPBD Jember)

jatim.jpnn.com, JEMBER - Angin kencang disertai hujan deras yang melanda Jember pada Minggu (16/1) mengakibatkan puluhan rumah dan tempat usaha di dua lokasi rusak.

Sekretaris BPBD Jember Heru Widagdo mengungkapkan kedua lokasi itu, yakni Desa Kemuning Lor, Kecamatan Arjasa dan Kelurahan Baratan, Patrang.

Kendati begitu, dia memastikan tidak ada korban dalam bencana tersebut, baik terluka maupun meninggal dunia. Namun, beberapa pohon tumbang.

"Angin kencang juga menyebabkan jaringan penerangan jalan umum (PJU) terputus dan dua tiang roboh, termasuk kabel Telkom terputus. Jalan penghubung antardesa sementara tertutup total akibat pohon tumbang melintang di jalan," katanya, Senin (17/1).

Dia memerinci setidaknya ada 32 bangunan mengalami kerusakan dari tingkat ringan, sedang, maupun berat. Puluhan bangunan rusak itu terdiri atas rumah, tempat usaha, dan kandang ternak milik warga.

"Ada 24 rumah rusak ringan, tiga rumah rusak sedang, satu rumah rusak berat. Kemudian dua tempat usaha rusak ringan dan satu rusak sedang, serta satu kandang ayam juga rusak," ujarnya.

TRC BPBD Jember sudah melakukan asesmen terkait dengan kerusakan rumah dan sudah dilakukan proses pembersihan serta upaya membantu mengatasi dampak kerusakan.

"Pembersihan dampak bencana angin kencang dilanjutkan Senin pagi ini karena semalam di lokasi juga masih terjadi pemadaman listrik karena lampu PJU banyak yang ambruk," tuturnya.

Angin kencang yang menerjang Jember pada Minggu (16/1) menyebabkan puluhan rumah warga rusak.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News