Antisipasi Penjarahan, Polisi Berpatroli Permukiman Warga Terdampak Erupsi Gunung Semeru

Selasa, 07 Desember 2021 – 18:36 WIB
Antisipasi Penjarahan, Polisi Berpatroli Permukiman Warga Terdampak Erupsi Gunung Semeru - JPNN.com Jatim
Personel Ditsamapta Polda Jatim saat berpatroli di permukiman warga mencegah penjarahan. Foto: Humas Polda Jatim

jatim.jpnn.com, LUMAJANG - Banyak dari warga yang terdampak erupsi Gunung Semeru meninggalkan barang-barang berharganya di rumah saat mereka mengungsi.

Kasubdit Gasum Ditsamapta Polda Jatim, AKBP David mengatakan setelah menerima laporan dari Kapolres Lumajang, pihaknya mengirim anggota untuk mengantisipasi penjarahan.

"Kami mengantisipasi adanya orang luar yang memanfaatkan musibah. Namun, sampai saat ini, belum ada laporan kehilangan dari para pengungsi," ujar David, Selasa (7/12).

Pihaknya juga menggandeng tokoh masyarakat dan perangkat desa setempat membantu mengidentifikasi penduduk asli maupun pendatang.

"Kami masih terus melakukan pencarian, penyelamatan, serta pertolongan kepada masyarakat untuk mengevakuasi barang berharga milik warga dan hewan peliharaan," kata dia.

Tim SAR Ditsamapta Polda Jatim juga sedang melakukan penyekatan di jalur evakuasi karena masih ada sebagian warga yang masih berada di atas bukit.

"Bagi masyarakat yang memerlukan bantuan, kami berada di sini (lokasi terdampak,red) dan siap untuk memberi pelayanan," imbuhnya.

Di hari ketiga, sebagian warga terdampak sudah mengevakuasi barang dan hewan ternaknya.

Patroli itu dilakukan mencegah penjarahan barang warga yang terdampak erupsi Gunung Semeru saat mereka mengungsi