Warga Terdampak Erupsi Gunung Semeru Bakal Dapat Uang Sewa Rumah Sementara

Senin, 06 Desember 2021 – 11:27 WIB
Warga Terdampak Erupsi Gunung Semeru Bakal Dapat Uang Sewa Rumah Sementara - JPNN.com Jatim
Suasana Konferensi Pers secara virtual dengan BNPB, Minggu (5/12). (Foto : tangkapan layar kanal YouTube BNPB)

jatim.jpnn.com, JAKARTA - Erupsi Gunung Semeru di Lumajang yang terjadi pada Sabtu (4/12) mengakibatkan beberapa rumah warga rusak.

Menanggapi hal tersebut, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) bakal memberikan uang sewa hunian sementara bagi warga yang rumahnya rusak berat atau hancur.

Pelaksana Tugas (Plt) Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan (Kapusdatinkom) BNPB, Abdul Muhari mengatakan uang sewa diberikan sembari menunggu pembangunan rumah baru di lokasi yang ditentukan pemerintah.

“Uang yang diberikan sebesar Rp 500 ribu yang digunakan untuk menyewa tempat tinggal sementara,” jelasnya saat konferensi pers secara virtual dengan BNPB,Minggu (5/12).

Uang sewa tempat tinggal sementara tersebut rencananya bakal diberikan selama enam bulan ke depan.

“Saat ini, lokasi baru dimatangkan. Sekiranya fix, akan dibangunkan,” jelasnya.

Abdul mengatakan sudah terdapat petunjuk teknis (juknis) terkait dengan uang sewa rumah yang diberikan kepada warga terdampak erupsi Gunung Semeru.

“Juknisnya sudah ada, tinggal disosialisasikan kepada warga melalui pemerintah setempat. Namun, nanti menunggu kondisi di sana pulih,” ujar Abdul. (mcr23/jpnn)

Sembari menunggu pembangunan rumah warga yang rusak, BNPB bakal beri uang sewa rumah sementara selama enam bulan

Redaktur : Fahmi Azis
Reporter : Ardini Pramitha

Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News