Peringati Hari Disabilitas Internasional, Anak-Anak Berkebutuhan Khusus Pamerkan Puluhan Karya

Senin, 06 Desember 2021 – 10:59 WIB
Peringati Hari Disabilitas Internasional, Anak-Anak Berkebutuhan Khusus Pamerkan Puluhan Karya - JPNN.com Jatim
Salah satu pengunjung melihat jepretan foto karya anak disabilitas yang dipamerkan, di Waroeng Joglo Merah Putih, Gunung Anyar, Surabaya, Minggu (5/12). (Foto: Ardini Pramitha)

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Dalam rangka memperingati Hari Disabilitas Internasional, sebanyak 22 foto karya anak berkebutuhan khusus, dipamerkan di Waroeng Joglo Merah Putih, Gunung Anyar, Surabaya, Minggu (5/12).

Acara itu merupakan kolaborasi antara Unicef, Jurnalis Sahabat Anak, dan Pewarta Foto Indonesia.

Melalui karya tersebut, mereka ingin menunjukkan bakat tersembunyi kepada masyarakat luas.

Mengusung tema 'Cerita di Balik Lensa', para anak berkebutuhan khusus itu membingkai protokol kesehatan lewat jepretan gambar. Seperti memakai masker, mencuci tangan dengan sabun di air mengalir, menjaga jarak, hingga menjauhi kerumunan serta mengurangi mobilitas.

Kepala Perwakilan Unicef Surabaya, Ermi Ndoen mengatakan acara tersebut merupakan satu rangkaian dengan Kegiatan Hari Disabilitas Internasional yang jatuh pada 3 Desember 2021.

Semua foto yang tampil merupakan karya anak-anak disabilitas yang selama ini menghuni Pondok Liponsos Kalijudan.

"Mereka itu merupakan simbol bagaimana anak-anak disabilitas meskipun di tengah keterbatasannya, mampu membuat ruang ruang kreasi selama pandemi,” ujarnya.

Ermi menerangkan foto yang dipamerkan anak-anak disabilitas itu diambil di beberapa tempat publik, seperti pasar tradisional.

Sebanyak 22 foto karya anak-anak berkebutuhan khusus dipamerkan guna memperingati Hari Disabilitas Internasional.