Tinjau Lokasi Terdampak Erupsi Gunung Semeru, Gubernur Khofifah Tanggapi Hal ini

Minggu, 05 Desember 2021 – 16:50 WIB
Tinjau Lokasi Terdampak Erupsi Gunung Semeru, Gubernur Khofifah Tanggapi Hal ini - JPNN.com Jatim
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa didampingi Bupati Lumajang Thoriqul Haq saat meninjau lokasi terdampak erupsi Gunung Semeru.(foto: Humas Pemprov Jatim)

jatim.jpnn.com, LUMAJANG - Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa didampingi Bupati Lumajang Thoriqul Haq meninjau lokasi terdampak erupsi Gunung Semeru, Minggu (5/12).

Khofifah mengutarakan proses sistem peringatan dini (early warning system) sudah berjalan dengan baik.

Kemudian, pemantauan dari PVMBG di pos pemantauan Gunung Sawur dan koordinator penambang juga telah terkonfirmasi dengan baik.

"Bisa dilihat bahwa beberapa meter dari lokasi, sudah ada papan jalur evakuasi. Pada tataran, mitigasi dan early warning system relatif sudah berjalan. Namun, material yang dibawa pada guguran kali ini rupanya jauh lebih besar," ujarnya.

Dia mengatakan guguran material vulkanik dari erupsi Gunung Semeru lebih besar dari yang diprediksi sebelumnya oleh masyarakat yang ada di sekitar lereng. Maka dari itu, dirinya meminta warga meningkatkan kewaspadaan.

"Jangan pernah meremehkan fenomena alam, termasuk di daerah lereng Gunung Semeru. Pada dasarnya, masyarakat sudah paham bagaimana budaya dan karakteristik wilayahnya," paparnya.

Kecamatan Pronojiwo, kata Khofifah, disinyalir merupakan titik yang paling berdampak akibat peristiwa itu. Tim Orari pun selalu mengabarkan situasi kedaruratan terkini.

“Penanganan bencana selain dari Jajaran Forkopimda Kabupaten Lumajang juga Kabupaten Kota terdekat yang sudah bergotong royong," ujar Khofifah. (mcr23/jpnn)

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawans datang meninjau lokasi terdampak erupsi Gunung Semeru di Lumajang

Redaktur : Fahmi Azis
Reporter : Ardini Pramitha

Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News