Tradisi Fang Sheng, Young Buddhist Lepas Ribuan Satwa di Wisata Mangrove

Minggu, 05 Desember 2021 – 14:34 WIB
Tradisi Fang Sheng, Young Buddhist Lepas Ribuan Satwa di Wisata Mangrove - JPNN.com Jatim
Young Buddhist melepas ribuan satwa ke Sungai Mangrove Gunung Anyar melakukan tradisi Fang Sheng. Foto: Dok. Young Buddhist

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Young Buddhist Association bersama Ecoton melepas ribuan jenis ikan di wisata Kebun Raya Mangrove Gunung Anyar, Surabaya, Sabtu (4/12).

Kegiatan itu merupakan tradisi agama Buddha bernama Fang Sheng. Tujuannya, untuk menjaga ekosistem hayati, khususnya di kawasan mangrove.

Secara beriringan, para muda-mudi Buddhis bersama berbagai elemen masyarakat menaiki perahu nelayan setempat melepaskan ikan ke muara.

Salah satu panitia acara, Billy Lukito Joeswanto mengatakan ikan yang dilepas jenis nila, patin, bawal, gabus. Ada juga bulus, biawak, dan kepiting.

"Saat pelepasan kami memanjatkan doa bersama agar semua satwa diberkati karena sudah terjalin jodoh dengan peserta yang memiliki niat mulia melepasnya," kata Billy, Minggu (5/12).

Dia meyakini ikan-ikan yang disembelih dan dikonsumsi sangat menderita. Oleh karena itu, dibebaskan ke habitatnya. Tujuannya, agar ikan itu melanjutkan hidup, berkembang biak, dan memberi banyak manfaat kepada alam.

"Ritual Fang Sheng ini melepas satwa yang terancam terbunuh ke alam bebas agar kita sebagai manusia terhindar dari bahaya dan mendapatkan kebaikan," jelasnya.

Pihaknya sengaja mengajak berbagai elemen masyarakat di luar agama Buddha untuk memperkenalkan tradisi tersebut.

Tradisi Fang Sheng agama Buddha menjaga ekosistem hayati