Pandemi COVID-19, Omzet Peternak Ikan Cupang di Kediri Malah Naik 3 Kali Lipat

Jumat, 03 Desember 2021 – 14:25 WIB
Pandemi COVID-19, Omzet Peternak Ikan Cupang di Kediri Malah Naik 3 Kali Lipat - JPNN.com Jatim
Verdiansyah Dwi Sakti dengan budi daya ikan cupang yang kini dikelola dengan dua temannya di Kediri, Jawa Timur, Sabtu (29/5/2021). ANTARA Jatim/ Ach

jatim.jpnn.com, KEDIRI - Peternak ikan cupang di Kota Kediri pada masa pandemi COVID-19 ini justru mengalami peningkatan pendapatan hingga puluhan juta rupiah.

Waluyo, seorang peternak ikan cupang asal Kelurahan Ketami, Kecamatan Pesantren mengungkapkan omzetnya meningkat hingga 300 persen pada saat pandemi ini.

Ikan yang dijualnya berhasil terjual dengan harga cukup fantastis, mulai ratusan ribu hingga Rp 1 juta per ekor untuk jenis Giant.

"Karena ikan cupang yang saya jual kualitas kontes, penjualannya meningkat pesat saat pandemi COVID-19 pada 2020," kata Waluyo, Kamis (2/12).

Waluyo mengatakan saat ini, memiliki 50 ribu ekor lebih ikan cupang yang siap jual. Rata-rata dari budi daya ikan cupang itu mampu meraih pendapatan sekitar Rp 20 juta per bulan.

Dia mengakui awal pandemi COVID-19, usahanya cukup terimbas, tetapi lambat laun justru mengalami kenaikan omzet.

Pada 2021 ini, penjualan ikan cupang para peternak ikan di Kelurahan Ketami sudah mulai kembali normal seperti sebelum pandemi.

Dia juga sangat antusias dengan pelatihan yang dilakukan oleh Pemkot Kediri.

Peternak ikan cupang di Kota Kediri justru mengalami peningkatan pendapatan pada masa pandemi COVID-19 ini.
Sumber Antara