Kerja Sama Surabaya dan Liverpool Bakal Sampai ke Sekolah-Sekolah

Jumat, 03 Desember 2021 – 08:11 WIB
Kerja Sama Surabaya dan Liverpool Bakal Sampai ke Sekolah-Sekolah - JPNN.com Jatim
Dubes Inggris untuk Indonesia Owen Jenkins meresmikan proyek percontohan jalur evakuasi inklusif di SMP/SMA LBA YPAB. (Foto: Ardini Pramitha/JPNN.com).

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Kerja sama sister city yang dilakukan antara Kota Liverpool, Inggris dan Surabaya mencakup banyak hal. Salah satunya, soal upaya mitigasi bencana.

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menjelaskan nantinya seluruh sekolah di daerahnya akan menerapkan skema penanganan gempa.

Sehingga, siswa yang bahkan memiliki kebutuhan khusus (disabilitas) bisa mendapatkan edukasi terkait dengan penanganan gempa.

Wali Kota Eri pun sempat mengajak Dubes Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste, Owen Jenkins ke Yayasan Pendidikan Anak Buta (YPAB), Jalan Gebang Putih, Surabaya Kamis (2/12).

Owen melihat langsung proyek persiapan mitigasi bencana alam gempa bumi yang didanai oleh Pemerintah Inggris melalui Global Future Cities, Kamis (2/12).

Proyek tersebut bertujuan untuk mendukung hak-hak komunitas penyandang disabilitas mengingat mereka adalah salah satu kelompok yang rentan terkena bencana alam.

Owen mengaku sangat terkesan, terutama oleh para murid-murid YPAB.

Dia berharap proyek tersebut bisa menjadi percontohan bagi institusi lainnya di Indonesia.

Dubes Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste Owen Jenkins meresmikan proyek percontohan jalur evakuasi bencana di Yayasan Pendidikan Anak-Anak Buta