Imbauan Wali Kota Malang ini Bersangkutan dengan HIV/AIDS, Penting

Rabu, 01 Desember 2021 – 16:42 WIB
Imbauan Wali Kota Malang ini Bersangkutan dengan HIV/AIDS, Penting - JPNN.com Jatim
Wali Kota Malang, Sutiaji (ANTARA/Abdul Malik Ibrahim)

jatim.jpnn.com, MALANG - Wali Kota Malang Sutiaji mewanti-wanti agar semua lapisan masyarakatnya mewaspadai penularan virus HIV/AIDS. Pasalnya, penularan virus tersebut tergolong pasif.

"Jadi, jika seorang suami terjangkiti virus itu, maka yang pasif dan menjadi korban ialah istri serta anak-anaknya," ujar Sutiaji.

Guna mengantisipasinya, lanjut dia, bagi yang terindikasi dan berpotensi tinggi, hendaknya mempunyai kesadaran melapor dan memeriksakan diri ke tenaga medis di puskesmas maupun rumah sakit terdekat.

"Itu dilakukan untuk mengantisipasi dan memutus penularan virus HIV/AIDS," kata Sutiaji.

Namun, dia mengakui kesadaran itu saat ini masih kurang. Sebab, bagi orang yang dinyatakan positif, harus mengonsumsi obat dalam jangka waktu lama.

"Mereka bahkan bisa tidak diterima di masyarakat," tutur dia.

Maka dari itu, Sutiaji mengajak berbagai elemen masyarakat, seperti komunitas pegiat peduli HIV/AIDS untuk lebih berperan aktif dalam mengampanyekan bahaya virus tersebut.

Dia menjelaskan Pemkot Malang telah bekerja sama pula dengan lembaga swadaya masyarakat (LSM), seperti Igama dan komunitas yang pernah memakai narkoba jenis suntik. (antara/mcr13/jpnn)

Wali Kota Malang menyampaikan imbauan khusus bagi para suami yang merasa terindikasi HIV/AIDS.
Sumber Antara