Dikunjungi Komisi VI DPR RI, SIER Diminta Gerakkan Ekonomi Lokal Gandeng UMKM

Rabu, 01 Desember 2021 – 01:25 WIB
Dikunjungi Komisi VI DPR RI, SIER Diminta Gerakkan Ekonomi Lokal Gandeng UMKM - JPNN.com Jatim
Anggota Komisi VI DPR RI Mufti Anam saat berkunjung ke PT SIER. Foto: Dok. PT SIER

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Anggota Komisi VI DPR RI Mufti Anam pengin kawasan industri SIER menggerakkan seluruh potensi ekonomi lokal dengan cara menjaring investor baru.

"Optimalkan aset yang ada, baik di Surabaya, Sidoarjo, dan Pasuruan. Kompetisi industri sangat ketat karena banyak kawasan-kawasan baru," ujar Mufti tertulis, Selasa (30/11).

Menurutnya, sejumlah inovasi yang perlu dikembangkan dengan cara membangun kolaborasi antara UMKM dan industri besar di SIER. Oleh karena itu, perlu duduk bersama antara pelaku industri, pemda, dan SIER.

"Jadi, SIER bisa membantu memfasilitasi dan menyiapkan semacam katalog UMKM. Sehingga, ketika pelaku industri membutuhkan suplai produk atau jasa, bisa langsung ketemu dengan UMKM yang cocok," tuturnya.

Kolaborasi serupa, sambung Mufti, juga bisa digarap bersama BUMD. Nantinya, multiplier effect (efek berganda) sebuah kawasan industri benar-benar dirasakan masyarakat.

"SIER kini masuk jajaran BUMN terbaik di tingkat daerah, selevel dengan Jakarta Property," kata politisi PDI Perjuangan itu.

Meski begitu, Mufti meminta jangan terlena di posisi zona nyaman yang menyebabkan tutup. Dia menginginkan SIER tetap berinovasi agar bisa berkembang dan bersaing dengan kawasan industri lainnya.

"Jangan kalah dengan kawasan industri yang baru dibangun, tetapi sudah memiliki lahan mencapai 2.000 hektare," tandas Mufti. (mcr12/jpnn)

Sebagai BUMN, PT SIER harus berinovasi bersaing dengan kawasan industri lain dengan menggerakkan ekonomi lokal