Ke Depan, Wilayah Rusun Romokalisari Tak Lagi Sepi Berkat ini

Selasa, 30 November 2021 – 17:48 WIB
Ke Depan, Wilayah Rusun Romokalisari Tak Lagi Sepi Berkat ini - JPNN.com Jatim
Salah satu instruktur jet ski air menunjukan aksinya mengendari di Pasar Apung Romokalisari, Surabaya, Sabtu (13/11). Foto: Ardhini Pramitha/JPNN

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Pemkot Surabaya diminta memberdayakan para nelayan dan pelaku UMKM di kawasan wisata Romokalisari, Kota Pahlawan.

"Pengelolaan Pulau Galang, kan, sudah diambil alih Pemprov Jatim. Nah, sekitar daerah itu bisa dimanfaatkan Surabaya untuk tempat wisata," kata Ketua Komisi B DPRD Surabaya, Lutfiyah, Senin (30/11).

Lutfiah mengutarakan kawasan Romokalisari memiliki daya tarik wisata, seperti tanaman mangrove yang tumbuh dengan baik ditambah bersihnya kondisi air di sana.

Makanya, Pemkot Surabaya harus memberdayakan para nelayan dan pelaku UMKM setempat agar warga di sana dapat menikmati keuntungan dari keberadaan wisata tersebut.

"Untuk menambah minat para wisatawan, maka perlu dibuat seindah mungkin, seperti didirikan wisata kapal speed boat dan destinasi kuliner," ujar dia.

Lutfiyah mengakui usulan pemberdayaan tersebut sudah dikomunikasikan dengan dinas terkait di Pemkot Surabaya.

Dengan terwujudnya kawasan wisata di sana, bisa meramaikan wilayah Rusun Romokalisari yang selama ini dikenal sepi.

Sebelumnya, Wakil Wali Kota (Wawali) Surabaya Armuji menerangkan pemkot terus mengembangkan kawasan wisata terintegrasi antara wisata laut dengan pasar apung yang berlokasi di kawasan Romokalisari.

Kawasan Romokalisari, Surabaya nantinya bakal ramai dengan hadirnya wisata bahari dan kuliner yang bakal segera diwujudkan pemkot setempat.
Sumber Antara